XO-3, Laptop Tipis Seharga 75 Dollar

Rabu, 02 Juni 2010


Masih ingat dengan Professor Nicholas Negroponte yang menjadi pemilik dari perusahaan MIT OLPC (One Laptop Per Child) non-profit? Negroponte membuat sebuah laptop dengan harga murah khusus untuk tujuan edukasi guna menumbuhkembangkan kemampuan komputer anak-anak sekolah di seluruh dunia.



Negroponte kemudian menciptakan upgrade dari computer XO yang sebelumnya pernah dibuatnya, dan kini dikenal sebagai laptop ‘seratus dollar’. Computer XO-3 tersebut akan dirilis di tahun 2012, namun untuk bocoran desainnya sudah dipublikaskan OLPC.

Laptop OLPC XO-3 memiliki desain minimalis dengan fitur sentuhan electronics yang biasa diaplikasikan di computer tradisional.

Selain itu, XO-3 memiliki ukuran display 8.5 x 11 inch, ukuran yang cukup kecil untuk sebuah computer, tanpa memberikan kesulitan bagi pengguna ketika menggunakannya.

OLPC sendiri memiliki ambisi membuat XO-3 menjadi seperti tablet PC super tipis, semua terbuat dari plastic, anti air dan mempunyai separuh ketebalan iPhone, menggunakan power kurang dari 1 watt, processor 8GHz, dan dibandrol harga sangat murah sekitar $75.

“Saya ingin membawa identitas One Laptop Per Child dalam platform baru. Hal ini dimaksudkan untuk menambah visualisasi lebih kompleks, termasuk soal sensitivitas gerakan dan user-friendly, sentuhan dan warna.

Selain itu, saya ingin mengecilkan frame display XO-3, dan mengubah keyboard virtual daripada keyboard fisik, dan tidak ada tombol satupun.

Hasilnya, layar akan dikelilingi oleh lapisan karet berwarna hijau. Content dalam computer akan tertampil dalam bentuk elemen visual.” ungkap Yves Behar, pimpinan project XO-3.

OLPC (One Laptop Per Child) adalah organisasi nirlaba yang didirikan untuk menyediakan sarana pendidikan yang terjangkau bagi anak-anak di negara berkembang. Tak hanya itu, OLPC juga menyediakan konten dan software khusus yang dirancang unuk media belajar anak.

OLPC bekerjasama dengan pembuat chip Marvell’s Moby Technology yang telah bekerja keras selama lebih dari 2 tahun untuk merancang tablet PC layar sentuh. Jadi bisa dikatakan, tablet OLPC ini bukan didasarkan pada konsep awal X0-3.

Konsep awal X0-3, adalah tablet PC yang 100% berbahan semi plastik, tidak dapat pecah, lebih tipis dari iPhone serta didukung multitouch, dan dijual dengan harga terjangkau, sekitar 75 USD.

Dari informasi yang diperoleh CyberNews dari Gizmodo, platform Moby ini belum mendukung HDMI out, USB, kamera terintegrasi, 1080p HD full encode/decode serta dukungan Flash, Android, WinMo, dan juga Linux. Pun prosesor 1GHz yang dijanjikan akan ditambah hingga 8 GHz, belum dipenuhi enam bulan lalu.

Negroponte memberikan informasi bahwa perangkat tablet PC yang sesuai dengan konsep awal X0-3 baru akan dihadirkan di ajang CES, Januari 2011 dan tersedia di tahun 2012 dengan harga di bawah $100.

Sumber : http://gugling.com

Gambar : http://techielobang.com


0 komentar:

Posting Komentar

 
Theme by New wp themes | Bloggerized by Dhampire