Apa itu QR Code (Quick Response Code) ?

Selasa, 15 Juni 2010



QR Code adalah singkatan dari Quick Response Code, di ciptakan oleh perusahaan bernama Denso Wave pada tahun 1994. Dan sesuai dengan namanya, kode ini bisa di baca dengan cepat.

QR Code sudah dikenal beberapa tahun lalu, tapi implemetasinya di Indonesia masih jarang. Sedangkan di Jepang, Q Code sangat terkenal disana. Sekarang, hampir semua website, produk, penerbitan dan yang lainnya sudah menggunakan QR Code.

Ini adalah salah satu majalah di Jepang, majalah ini hampir keseluruhan isinya adalah QR Code.


Apa yang bisa dilakukan dengan QR Code?
QR Code bisa di pakai untuk menyimpan text informasi, alamat website, nomor telepon, dan text SMS yang siap dikirim.

Contohnya, kalian ada di kampus dan melihat QR Code tercetak di sebuah kertas yang ada di mading. Kalian scan kode itu dan menemukan text informasi mengenai makanan enak, harga dan dimana bisa membelinya.

Contoh lain, kalia bisa mencetak QR Code pada kartu nama kalian dan klien kalian bis men scan kodenya untuk mendapatkan nomo telpon atau alamat website kalian.

Ini adalah contoh kartu nama dengan QR Code:



Lihat majalah dibawah ini, majalah ini menggunakan QR Code untuk memudahkan kalian mengirim SMS quis. Daripada kalian mengetik format yang ribet, kalian cukup men scan kodenya dan format pengiriman SMS sudah siap dikirim. Mudah dan menghemat waktu.



Dan ini adalah contoh iklan dengan QR Code yang menjadi bagian dari strategi pemasaran.



Alat apa untuk membaca QR Code?
Ponsel alias HP. Ya, alat yang umum dipakai membaca QR Code adalah ponsel yang ada kameranya. Karena ponsel jaman sekarang sudah ada kamera, semua ponsel yang support Java application bisa dipakai untuk membaca kodenya.

Apa softwarenya ?
Ponsel kalian butuh QR Code Reader. Software ini biasanya dalam bentuk Java Application, jadi sangat penting kalau ponsel kalian bisa menduking Java.

Ada beberapa QR Code Reader di Internet, tapi gue pilih kaywa. Bukan karena yang terbaik, tapi karena ini adalah yang pertama dan kompatibel dengan ponsel gue.

Buat yang mau mendownloadnya dari Kaywa, disini:
http://reader.kaywa.com/

Link diatas juga menyediakan tool membuat QR Code dan RSS Feed untuk ponsel. Kalau ponsel kalian tidak didukung kaywa, kalian bisa memakai QR Code Reader yang lainnya, cari saja di Google.

Cara mengoperasikannya
Setelah di install. Jalankan programnya dan akan mula mengaktifkan kamera ponsel. Beberapa program akan meminta ijin menggunakan kamera, dan beberapa tidak. Beberapa program juga membutuhkan kalian untuk menekan tombol kamera dan beberapa program akan otomatis men scan waktu kalian mengarahkan pada kodenya.

Arahkan kamera ponsel kalian sehingga kodenya bisa terlihat keseluruhan di layar ponsel kalian. Tidak perlu mengarahkan tepat di hadapan kode, agak miring sedikit juga bisa.

Ponsel ku nggak bisa membaca kodenya
Ini memang terjadi, ponsel yang lebih bagus memberikan hasil yang lebih baik juga. Kode dengan ukuran kecil cenderung tidak bisa dibaca. Gue udah coba men scan kode ukuran kecil dengan Nokia 6120, programnya nggak bisa membaca, gambarnya terlalu kabur. Tapi kalau dipakai men scan kode yang ukurannya lebih besar, Nokia 6120 bisa membaca kurang dari satu detik.

Kondisi pencahayaan juga mempengaruhi hasil scanning, selama kalian men scan kode di bawah pencahayaan yang baik dimana kamera bisa mengambil gambar dari kodenya, maka akan bisa terbaca kurang dari satu detik.

Intinya adalah, kalau ponsel kalian tidak bisa mendapat fokus dari gambar ukuran kecil di jarak dekat, maka besar kemungkinan kode ukuran kecil tidak akan bisa dibaca. Ada yang bilang kalau ukuran minimum dari gambar kodenya adalah 2x2 sentimeter, lebih kecil dari itu tidak akan bisa dibaca. Tapi kalau Nokia 6120 tidak bisa membacanya, kemungkinan Nokia terbaru bisa.

Sumber : http://www.nekoroid.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Theme by New wp themes | Bloggerized by Dhampire